|
SMK
TUNAS HARAPAN PATI
|
|
|
JOB
SHEET 1
|
|
KOMPETENSI KEAHLIAN :
ANIMASI
|
JUDUL/ TOPIK
|
KOMPUTER GRAFIS
|
|
Display Photoshop
|
|
KELAS X
|
WAKTU : 6 X 45’
|
|
Deskripsi
Tugas :
Penggunaan software
pengolah bitmap, perlu pengenalan tampilan sehingga bagian-bagian itu dapat
dipahami dan bisa memudahkan untuk pengerjaan tugas pengolah bitmap
(photoshop)
ISI MATERI :
1.
Apa yang dimaksud dengan bitmap?
2.
Apa yang dimaksud
dengan display photoshop?
3.
Sebutkan dan jelaskan bagian – bagian yang ditunjuk pada gambar?
Gambar
Pati, 7 Juli 2011
Guru Pengampu
Arif Jumarwanto S.T
|
|
|
SMK
TUNAS HARAPAN PATI
|
|
|
JOB
SHEET 2
|
|
KOMPETENSI KEAHLIAN :
ANIMASI
|
JUDUL/ TOPIK
|
KOMPUTER GRAFIS
|
|
Tool Photoshop
|
|
KELAS X
|
WAKTU : 6 X 45’
|
|
Deskripsi
Tugas :
Penggunaan software
pengolah bitmap, perlu pengenalan tampilan sehingga bagian-bagian itu dapat
dipahami dan bisa memudahkan untuk pengerjaan tugas pengolah bitmap
(photoshop)
ISI MATERI :
1.
Apa yang dimaksud
dengan shortcut ?
2.
Apa yang dimaksud
dengan tool photoshop ?
3.
Jelaskan tool
photoshop beserta shortcutnya ?
4.
Sebutkan dan jelaskan bagian – bagian yang ditunjuk pada gambar
?
Gambar
Pati, 7 Juli 2011
Guru Pengampu
Arif Jumarwanto S.T
|
|
|
SMK
TUNAS HARAPAN PATI
|
|
|
JOB
SHEET 3
|
|
KOMPETENSI KEAHLIAN :
ANIMASI
|
JUDUL/ TOPIK
|
KOMPUTER GRAFIS
|
|
Import dan saving gambar
|
|
KELAS X
|
WAKTU : 6 X 45’
|
|
Deskripsi
Tugas :
Untuk memulai
menggunakan program pengolah bitmap maka coba tunjukkan dengan gambar dan
langkah – langkah cara membuat dokumen baru dan bagaimana cara menyimpan file
ISI MATERI :
1.
Tunjukkan dengan
gambar bagaimana cara membuat dokumen baru ?
2.
Tunjukkan dengan
gambar bagaimana cara untuk saving (meyimpan) ?
3.
Sebutkan langkah –
langkah membuat dokumen baru ?
4.
Sebutkan langkah –
langkah untuk saving (menyimpan) ?
Pati, 7 Juli 2011
Guru Pengampu
Arif Jumarwanto S.T
|
|
|
SMK
TUNAS HARAPAN PATI
|
|
|
JOB
SHEET 4
|
|
KOMPETENSI KEAHLIAN :
ANIMASI
|
JUDUL/ TOPIK
|
KOMPUTER GRAFIS
|
|
Scanning Gambar
|
|
KELAS X
|
WAKTU : 6 X 45’
|
|
Deskripsi Tugas :
Untuk melakukan pekerjaan pewarnaan maka
kalian harus dapat memasukkan file gambar kedalam komputer dengan cara
scanning.
ISI MATERI :
1.
Apa yang dimaksud scanning
2.
Sebutkan langkah –
langkah melakukan scanning gambar
3.
Tunjukkan step by
step dari proses scanning dengan gambar secara urut
Pati, 7 Juli 2011
Guru Pengampu
Arif Jumarwanto S.T
|
|
|
SMK
TUNAS HARAPAN PATI
|
|
|
JOB
SHEET 5
|
|
KOMPETENSI KEAHLIAN :
ANIMASI
|
JUDUL/ TOPIK
|
KOMPUTER GRAFIS
|
|
Mengatur format dan Edit gambar
|
|
KELAS X
|
WAKTU : 6 X 45’
|
|
Deskripsi Tugas :
Setelah melakukan proses scanning maka
selanjutnya adalah mengatur format gambar dan juga mengedit gambar sesuai
yang diinginkan.
ISI MATERI :
1.
Apa yang dimaksud
dengan format dan edit gambar ?
2.
Tunjukkan dengan
gambar cara untuk format dan edit gambar ?
Pati, 7 Juli 2011
Guru Pengampu
Arif Jumarwanto S.T
|
|
|
SMK
TUNAS HARAPAN PATI
|
|
|
JOB
SHEET 6
|
|
KOMPETENSI KEAHLIAN :
ANIMASI
|
JUDUL/ TOPIK
|
KOMPUTER GRAFIS
|
|
Seleksi gambar
|
|
KELAS X
|
WAKTU : 6 X 45’
|
|
Deskripsi
Tugas :
Gambar yang sudah
discan dan diedit maka untuk memberi warna lebih mudah dan warna sesuai area
yang diinginkan maka diseleksi dulu.
ISI MATERI :
1.
Apa yang dimaksud
dengan seleksi ?
2.
Sebutkan 3 konsep
dasar seleksi ?
3.
Sebutkan tool –
tool seleksi dan cara yang lain untuk seleksi gambar ?
Gambar
Pati, 7 Juli 2011
Guru Pengampu
Arif Jumarwanto S.T
|
|
|
SMK
TUNAS HARAPAN PATI
|
|
|
JOB
SHEET 7
|
|
KOMPETENSI KEAHLIAN :
ANIMASI
|
JUDUL/ TOPIK
|
KOMPUTER GRAFIS
|
|
Coloring
|
|
KELAS X
|
WAKTU : 6 X 45’
|
|
Deskripsi Tugas :
Untuk melakukan
pekerjaan pewarnaan maka kalian harus dapat menunjukkan tool pewarnaan dan
mode warna, setelah itu buatlah hasil karya yang diwarnai sederhana
ISI MATERI :
1.
Sebutkan tool dalam
photoshop untuk pewarnaan ?
2.
Sebutkan mode warna yang kalian ketahui ?
3.
Buatlah hasil karya
yang diwarnai sederhana ?
Gambar
Pati, 7 Juli 2011
Guru Pengampu
Arif Jumarwanto S.T
|
|
|
SMK
TUNAS HARAPAN PATI
|
|
|
JOB
SHEET 8
|
|
KOMPETENSI KEAHLIAN :
ANIMASI
|
JUDUL/ TOPIK
|
KOMPUTER GRAFIS
|
|
Kreasi Warna dan Bentuk
|
|
KELAS X
|
WAKTU : 6 X 45’
|
|
Deskripsi
Tugas :
Penggunaan grafis bitmap
dapat menghasilkan
karya yang sangat baik. Pembuatan kreasi yang continue akan menghasilkan
karya desain yang baik
ISI MATERI :
1.
Sebutkan hal – hal yang dapat menghasilkan karya desain yang menarik ?
2.
Buat hasil karya
desain sesuai dengan imajinasi kalian ?
3.
Cetaklah hasil
karya desain sesuai dengan imajinasi kalian ?
Pati, 7 Juli 2011
Guru Pengampu
Arif Jumarwanto S.T
|
|
|
SMK
TUNAS HARAPAN PATI
|
|
|
JOB
SHEET 9
|
|
KOMPETENSI KEAHLIAN :
ANIMASI
|
JUDUL/ TOPIK
|
KOMPUTER GRAFIS
|
|
Hasil Karya Digital
|
|
KELAS X
|
WAKTU : 6 X 45’
|
|
Deskripsi
Tugas :
Hasil – hasil karya
fotografi yang bernilai seni tinggi dapat digunakan untuk berbagai bidang
kehidupan, untuk membuat hasil karya seni fotografi dapat dilakukan dengan
teknik pengambilan foto dan unsur seni yang ada dalam foto tersebut
ISI MATERI :
1.
Apa yang dimaksud
dengan fotografi ?
2.
Ambillah sebanyak –
banyaknya gambar hasil karya seni fotografi ?
3.
Edit gambar sesusai
dengan imajinasi kalian ?
4.
Cetak sebuah gambar
yang memiliki seni fotografi terbaik ?
Pati, 7 Juli 2011
Guru Pengampu
Arif Jumarwanto S.T
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar